Total Tayangan Halaman

Minggu, 09 Oktober 2011

PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, TAKTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN

Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki kemiripan makna, oleh karena itu sering kali kita rancu untuk membedakannya. Istilah-istilah itu sering mampir ditelinga kita yaitu: (1) Pendekatan pembelajaran, (2) Strategi pembelajaran, (3) Metode pembelajaran, (4) Teknik pembelajarn, (5) Taktik pembelajaran, dan (6) Model pembelajaran. Berikut ini mari kita diskripisikan istilah-istilah tersebut sehingga jelas mengenai penggunaan istilah tersebut.
Pendekatan pembelajaran, yaitu sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih sangat umum. Pendekatan pembelajaran dibedakan menjadi dua yaitu: (1) Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach), (2) Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered approach).
Strategi pembelajaran, yaitu terkandung makna perencanaan artinya strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan strateginya, strategi pembelajaran dibedakan menjadi dua yaitu: (1) Exposition discovery learning, (2) Group individual learning. Berdasar penyajiannya strategi pembelajaran dibedakan menjadi dua yaitu: (1) strategi pembelajaran induksitf, (2) startegi pembelajaran deduktif
Metode pembelajaran, yaitu cara yang digunakan untuk mengimplemetasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Contoh: ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat, dan simposium (J.R David, Wina Senjaya: 2008 dalam Akhmad Sudrajat: http://akhmadsudrajat.wordpress.com: 26 Agustus 2010)
Teknik pembelajaran, yaitu cara yang dilakukan dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Tatik pembelajaran, yaitu gaya seseorang dalam melaksanakan metode dan teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
Model pembelajaran, yaitu satu kegiatan menyeluruh yang meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar